11
Jul
07

Java database concept

Konsep pemrogramman database dengan java!!

Yuuukkksss… saya bukan orang generalis tapi saya cuma pengen belajar, meskipun saya lebih tertarik

ke jaringan,

tapi kan bukan berarti saya gak boleh belajar java programming, sapa tau saya bisa mengaplikasikan java dalam jaringan dan pastinya bisa.

Tulisan in cuma sekedar untuk mambantu saya mengingat lagi apa yg dah dipelajari, biar gak rugi…

Dalam aplikasi yang menghubungkan java dengan database, sebaiknya struktur programnya (code) di bagi menjadi tiga layer, yaitu:

1. Layer Aplikasi

2. Layer Bisnis Objek

3. Layer Data Access Object

4. Data base

5. Accessor (Setter & Getter) / model

Pembahasan:

1. Layer aplikasi hanya berisi source code yang nantinya berfungsi untuk mengatur tampilan yang akan berinteraksi dengan user.

2. Layer Bisnis Objek hanya berisi source code yang berguna untuk menghubungkan layer aplikasi dengan layer DAO. Permintaan koneksi ke database juga dapat dimulai dari sini. Biasanya saya membuat suatu class static lain benama DataBaseConnection() agar propertynya dapat dipakai langsung, kemudian dilayer ini saya membuat objek Connection(), misallnya:

Connection con = DataBaseConnection.DataBaseConnection()

Kode di atas akan memanggil constructor kepunyaan class DataBaseConnection() dengan langsung mengembalikan suatu objek dari kelas Connection(), yang nantinya akan digunakan untuk melakukan request” ke database.

3. Layer DAO berisi source code yang berfungsi untuk melakukan request ke database, jadi layer inilah yang akan berhubungan dengan database. Biasanya mengembalikan objek” yang berisi data yang diminta, tapi juga bisa tidak mengembalikan apapun. Minimal mengembalikan laporan bahwa request ke database sukses disampaikan. Data yang dikembalikan diarahkan ke layer BO, nanti dari BO akan diteruskan ke Layer aplikasi. Meskipun di layer ini terjadi hubungan dengan database, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

– Jangan membuka atau menutup koneksi dengan dengan database pada layer ini!! Kenapa?? Saya juga cuma di kasih tau, nanti saya cari tahu lagi kenapa?

4. Layer Database isinya ya Database yang menjadi sumber data untuk aplikasi.

5. Model, model ini biasanya berisi setter & getter untuk mengambil nilai suatu variable karena

variabel” tersebut dibuat dengan modifier private

graph.jpg

Sekian…

Semoga gua gak lupa… =)

2 Responses to “Java database concept”


  1. 1 vyor
    November 14, 2007 at 7:06 am

    Joll, posting ini beta pinjam ne….


Leave a Reply

