28
Jul
07

Tolong beri tahu saya jalan keluarnya…!

peekingbehindcomputer.gif

Karena kejadian beberapa hari, saya jadi teringat sama kata seorang pembicara di sebuah seminar di kampus saya, UKSW. Saya akan mencoba mengungkapkan maksudnya melalui contoh percakapan antara A dan B, begini percakapannya:

A: “Hai B apa kabar?”

B: “Baik…”

A: B kamu bisa pelajaran Fisika gak?

B: Bisa, gampang kok, tes kemarin aja nilaiku paling tinggi emang. knp pren?

A: Nah kebetulan bgt nih, kamu bisa gak buatin tugasku, atau bantuin buatin ininya/itunya… mau ya pren!!!

B: Oooo, ok deh…

Maksud saya adalah, jika anda ditanyai orang lain apakah anda bisa ini?, anda bisa itu? anda perlu memikirkan baik” jawaban apa yang tepat untuk orang yang bertanya. Mungkin sebaiknya jawaban anda seperti ini, “Saya bisa sedikit, tapi saya kenal seseorang yg menguasai bidang yang anda tanyakan…”

Kadang” kita seperti si B, ditanya sini bilang bisa, ditanya sana bilang bisa. Emang sih sebenarnya bisa, tapi hal seperti ini akan menyusahkan qta jika sudah terlalu banyak orang yang akan meminta pertolongan kepada kita karena mereka tau kita

bisa. Yang menjadi masalah bukan banyaknya permintaan tolong yang masuk. tapi yg jadi masalah,

bahkan menjengkelkan bagi saya adalah permintaan tolong yang gak bermutu alias, karena malas, belum dicoba and gak mau usaha dulu, dan pada akhirnya malah kita yg buat. Menurut saya permintaan tolong yang pantas adalah seperti ini:

A: Hai B apa kabar?”

B: “Baik…”

A: “B kamu bisa Fisika gak?”

B: “Bisa…”

A: “Tolong dong ajarin bagaimana caranya meyelesaikan soal ini”?

Jadi yang diminta Si A adalah bagaimana caranya, bagaimana jalannya, bagaimana ide pemikirannya

dan biar Si A sendiri yang melakukan proses pengerjaannya dengan cara/jalan/ide yang sudah di dapat dari Si B. Saya bukannya pelit ilmu atau gak mau membantu orang lain, tapi saya hanya mau membantu orang yg mau belajar, mau bisa, dan punya semangat. Sebab kadang” ada orang yang gak tau sama sekali sebenarnya bantuan yg diberikan itu apa dan gak nanya sama sekali apa isi bantuannya, sehingga akhirnya gak nyambung sama sekali klo di ajak diskusi selama proses pengerjaannya. Klo udah kayak gini yang bantu juga jadinya malas dan akhirnya gak bakalan ada bantuan yg kedua kalinya.

Jadi pesan saya jika anda ingin meminta bantuan dari orang lain dalam rangka menyelesaikan tugas anda, mintalah untuk di beritahukan bagaimana jalan keluarnya, jangan meminta supaya dia yang melakukannya, karena anda akan di anggap orang malas yg gak percaya akan kemampuan anda.

2 Responses to “Tolong beri tahu saya jalan keluarnya…!”


  1. 1 MonsterKill
    September 27, 2007 at 5:40 am

    Setuju tuh…

  2. 2 STR
    November 9, 2007 at 10:03 am

    GAK SETUJUUUUU ……..


Leave a Reply

