Archive for October, 2007

12
Oct
07

I’m paying for nothing >.<

Beberapa hari yang lalu saya jadi kesal karena saya tidak jadi mengatakan kepada dosen saya bahwa dia tidak memberikan sesuatu yang baru bagi saya. Saat itu saya ada di kelas Sistem Terdistribusi, dan menurut saya dosen yang mengajar sudah melenceng dari Topik kuliah, yaitu sistem yang terdistribusi. Yang aneh dia malah mengajarkan yang seharusnya diajarkan di mata kuliah lain. Waktu itu saya ingin protes, “Pak saya membayar untuk matakuliah Sistem terdistribusi, mengapa anda mengajarkan saya tentang ini?”. Saya masuk kelas sebagai orang yang tidak tahu tentang sesuatu dan berharap dosen memberi tahu saya sesuatu yang tidak saya ketahui. Paling tidak beritahulah kepada saya bahwa ada sesuatu yang belum saya ketahui dan saya akan mencari tahunya sendiri, dan menurut saya begitulah seharusnya. Saya menulis ini bukan karena saya menganggap bahwa saya sudah tahu semuanya, tapi saya merasa membayar bukan untuk apa”.

08
Oct
07

Sisanya yang lain-lain

Seseorang pernah bertanya kepada John Wanamaker: “Bagaimana engkau bisa mengatur hidupmu dengan begitu banyak kegiatan, waktu untuk mengelola sekolah minggu dengan 4000 murid, ditambah lagi dengan usaha tokomu, jabatanmu sebagai Direktur Jendral(Dirjen) Pos dan tugas-tugas lainnya?”

Dengan segera Wanamaker berkata: “Hidup dan tugas pokok saya adalah mengelola sekolah minggu! Sisanya hanyalah lain-lain bagi saya. Empat puluh lim tahun lalu saya memutuskan bahwa janji Allah ya dan amin: “Carilah dulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu”. (Buku 100 Kisah yang mengubah hidup anda – Xavier Quentin Pranata).

“Serahkan hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.” (Mzm. 37:5)

05
Oct
07

Iman

Apakah iman itu kecuali mempercayai apa yang tidak anda lihat

03
Oct
07

Tidak perlu alasan ‘tuk mengasihi, karena itu saya mengasihi anda.

┬áTadi pagi, pas habis mandi saya singgah dulu mengangkat pakaian di jemuran. Saya yakin ini bukan hal yang tabu untuk anak kos”an seperti saya. Setelah itu saya menuju ke pintu kamar saya. Pas masuk kamar dan baru nutup pintu, eehh ada orang yang ngetok. Pas di buka saya melihat seorang bapak dengan lebih tinggi sekitar 20 cm dari saya, dan berwajah India. Yang membuat saya kaget lagi, ternyata beliau tuna wicara alias bisu (bahasa kasar saya “wowo”, heheh..). Beliau memperlihatkan secarik kertas kepada saya, yang kira” isinya menjelaskan bahwa beliau dulunya kerja di Texmaco dan skarang sudah pensiun. Ceritanya nih beliau mau pergi ke daerah lain tapi saya lupa, tadi tuh tulisannya apa. Untuk itulah beliau beliau mau meminta pertolongan saudara dan saudari.

Kemudian saya persilahkan masuk. Beliau berusaha bilang sesuatu tapi tentu saja saya gak tau beliau ngomong apa. Yang saya pahami, beliau mau saya memberikan sedikit bantuan berupa uang kepada beliau. Si bapak itu udah ngasih liat KTP-nya ama tanda pengenal yang satunya lagi. Klo gak salah tanda pengenal untuk pegawai Texmaco gitulah. Sebenarnya untuk yang beginian saya kurang percaya. Soalnya biasanya yang kayak gini suka nipu. Tapi apalah daya, rasa iba dan keinginan untuk menolong mengalahkan semuanya (walah…). Kalo udah gini biar mo dibilang ketipu juga gak apa”lah yang penting saya nolong dulu dan nunjukin bahwa saya mengasihi anda meskipun (misalnya) anda menipu saya.

Akhirnya dengan penuh wibawa saya bilang ke si bapak:

“Pak, saya ini mahasiswa”

si bapak ngangguk

“Jadi saya gak bisa ngasih banyak, seadanya aja yah pak?”

nganguk” lagi.

Saya ngambil sejumlah uang dan memberikannya ke bapak itu. Tiba” si bapak berdiri dia langsung menjulurkan tangannya di atas kepala saya. Kelihatannya kayak Bapak” india yang memberikan berkat kepada anaknya. Di taruh di kepala, trus di pundak kanan dan pundak kiri, jabat tangan, terus beliau keluar.

Setelah beliau pergi, satu hal yang terlintas dalam pikiran saya, bahwa hari ini saya di beri kesempatan untuk menyatakan kasih kepada orang lain, walaupun saya belum kenal sama skali.

1 Pertanyaan untuk anda, Sudahkah anda mengasihi hari ini?