09
Nov
07

Konsep MVC di PHP

ash-mvc-architecture.gifKemarin saya bikin sistem voting untuk fasilitator-masyarakat.org  dan saya coba terapkan konsep arsitektur MVC (Model-View_Controll) di dalamnya. Ternyata jadi juga asik deh rasanya dah bisa pasing”objek pake php. Sebenarnya sudah banyak framework” PHP yang make arsitektur MVC seperti phpMVC, cakePHP, dll. Tapi saya masih rada” sulit ngerti makanya saya coba buat aja menurut pemahaman saya paling tidak gak lari” jauhlah dari arsitektur MVC-nya.

Pertama saya buat dulu satu class (1 file) yang didalamnya terdapat fungsi” yang digunakan untuk komunikasi dengan database,  cukup operasi” standar dulu, seperti nyimpen, tambah, dan hapus data. Kemudian buat view-nya yang berfungsi sebagai interface buat si user. Setelah itu buat controllernya, yang nantinya sebagai navigasi, misalnya method apa yang akan dipanggil dan kemana user akan di dispatch. Jadinya user interface berdiri sendiri dan bagian yang berhubungan dengan database berdiri sendiri.

ars.png

Yah lumayanlah, codingnya jadi gak berantakan 🙂

Berikut saya sertakan donlod link-na:

link 1 :  http://www.bestsharing.com/files/a3CwO363095/mvcphp.zip.html

link 2 : http://www.4shared.com/file/28782547/5b8fead1/mvcphp.html

skalian tuh promosi file sharing bagus =)

0 Responses to “Konsep MVC di PHP”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

