14
Nov
07

Serializable? saya kira saya mulai paham

Saya tulis kode ini:

package model;
import java.io.Serializable; 

public class bookModel implements Serializable {
    private int id;
    private String title;
    private String writer;
    private String publisher;
    private int page;
    /** Creates a new instance of bookModel */
    public bookModel() {
    }

    public int getId() {
        return id;
    }

    public void setId(int id) {
        this.id = id;
    }

    [...ble..ble..ble...]

}

class di atas merupakan class serializable, kenapa perlu mengimplementasi Serializable? Karena nantinya setelah object dari class ini tercipta, object tersebut akan di passing ke-class lain dan di pakai di sana. Kedua class harus tahu tipe data dari object tersebut sehingga dapat digunakan dengan baik.Misalnya, saya menciptakan object dari class di atas:

 bookModel book = new bookModel();

Jika object itu diakses melalui jaringan (socket, RMI, dll) tipe data dari object tersebut akan menjadi Object. Jadi book menjadi bertipe Object. Padahal class lain yang memerlukan object book harus tahu tipe aslinya (bookModel). Untuk mengetahui itu, maka perlu di-deserialize / casting object tersebut:


//rmi

bookModel book = (bookModel)Naming.lookup("bookDesign");

Untuk itulah diperlukan java serialization yang mempermudah proses-proses pertukaran object.

6 Responses to “Serializable? saya kira saya mulai paham”


  1. 1 benbego
    November 14, 2007 at 5:06 pm

    wah..java ya! pusing aku! 😀

  2. 2 STR
    November 15, 2007 at 3:10 pm

    eh, di blogmu kok bisa posting isi kode script gini yak? di tempat vyor kok gak bisa?

  3. November 15, 2007 at 10:18 pm

    @STR
    udah bisa juga di vyor, kemaren kita nyoba 😈

  4. 5 Alfa
    November 24, 2007 at 2:51 am

    Kenapa namanya Serializable?

  5. 6 n3tg33ks
    November 24, 2007 at 6:20 pm

    @Alfa
    Mungkin artinya dapat diserialkan atau dapat diserilize,
    serialize mungkin artinya bersambung, mmm… menjadi satu ato secara berurutan tetap sama dari satu posisi ke posisi lainnya, atau mungkin ada pengertian lainnya, sangat acak, saya sendiri bingung 👿 arrkh 👿


Leave a Reply

